Stafsus Diaz Dorong Penggunaan Semen Ramah Lingkungan di Proyek Pemerintah dan Swasta

Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono meyakini bahwa Indonesia punya target pengurangan emisi pada tahun 2030 baik dengan bantuan maupun tanpa bantuan internasional. Dia pun bicara hal yang bisa dilakukan dengan mendorong produksi semen ramah lingkungan serta kelola limbah industri dan limbah kota. Hal itu diungkapkan Diaz saat kunjungi pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI).

"Apakah semua sektor siap untuk ikut membantu atau ikut mengimplementasikan kebijakan dan target yang telah ditetapkan pemerintah. Energi, transportasi hingga agrikultur sudah dianalisa karena emisinya yang besar," kata Diaz Hendropriyono, Kamis (19/10/2023). Menurut Diaz, peran industri semen ramah lingkungan bisa lebih didorong dan didukung pemanfaatannya di proyek proyek pemerintah serta swasta. Kata Diaz, Direktur Utama SBI Lilik Unggul menyebutkan industri semen menyumbang 7 persen emisi secara global.

RAMALAN ZODIAK Keuangan Besok Sabtu 23 Desember 2023: Aries Cuan Datang, Virgo Waspadai Krisis Halaman 3 LINK Live Streaming Debat Cawapres 2024 Jam 19:00 WIB, Gibran Rakabuming Raka Tampil Urutan Pertama DPP PPP Yakin Mahfud MD Tampil Maksimal saat Debat Cawapres, Beda Cak Imin dan Gibran Rakabuming

Kata Jokowi Saat Ditanya Persiapan Gibran Rakabuming Perdana Debat Cawapres Ramalan Zodiak Besok Sabtu 23 Desember 2023: Capricorn Sentimental, Virgo Bahagia, Leo Merasa Nyaman Halaman 4 TKD Jatim Yakin, Gibran Rakabuming Raka dapat Menguasai Debat Cawapres

Harga Hp Samsung A05, A14 5G, A24, A34 5G, A54 5G Terbaru Desember 2023 Turun Semua, Pilih Mana? Warga Ukraina Siap %27Angkat Kaki%27 dan Ganti Kewarganegaraan Daripada Berperang Melawan Rusia Secara nasional industri semen jadi kontributor mayoritas di sektor proses industri dan penggunaan produk (IPPU).

Sehingga usaha penurunan emisi dari proses produksi semen akan sangat bermanfaat bagi pencapaian target ENDC. SBI turut memiliki fasilitas terintegrasi untuk mengolah limbah dengan kapasitas 160 ribu ton per tahun. Pengelolaan yang dilakukan menggunakan metode co processing memanfaatkan fasilitas yang ada di industri semen.

"Jika limbah yang ada bisa dikelola terus menerus sebagai bahan alternatif, akan lebih banyak batu bara yang bisa disubtitusi," jelas Diaz. Melalui co processing, setidaknya pabrik semen SBI berhasil mengganti 17 persem penggunaan batu bara dengan bahan alternatif dari limbah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *