MPASI Boleh Diberikan pada Bayi Usia 4 Bulan, Ketahui Syaratnya

Makanan pendamping ASI (MPASI) biasanya diberikan pada anak saat berusia 6 bulan. Namun, MPASI diberikan untuk anak berusia di bawah enam tahun? Terkait hal ini, Dokter spesialis kesehatan anak nutrisi dan penyakit metabolik RS Pondok Indah Puri Indah, dr. Novitria Dwinanda, Sp. A. Subsp. N. P. M pun beri jawaban.

MPASI bisa diberikan pada anak usia empat bulan, namun dengan beberapa syarat. "Dari usia 4 bulan dengan syarat ada tanda kesiapan makan," ungkapnya pada Media Discussion RSPI Group Cegah Stunting dan Obesitas pada Anak di Jakarta, Selasa (8/8/2023). Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter.

Bocoran Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia: Pemain Grade A Klub Top Dunia Kepingin Bela Garuda Halaman 4 Arti Opet dalam Bahasa Gaul Adalah Apa? Istilah Populer di Berbagai Media Sosial Apa Arti NT dalam Bahasa Gaul Istilah Populer yang Digunakan dalam Media Sosial

Hasil Survei Elektabilitas Bulan Desember, Capres Cawapres Terkuat di Jawa Timur, Jabar, dan Jateng Halaman 4 Arti Kata Menter dalam Bahasa Gaul, Viral di Media Sosial, Makna dalam Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda Harga Hp Samsung A05, A14 5G, A24, A34 5G, A54 5G Terbaru Desember 2023 Turun Semua, Pilih Mana?

Warga Ukraina Siap %27Angkat Kaki%27 dan Ganti Kewarganegaraan Daripada Berperang Melawan Rusia Kedua, pastikan tanda kesiapan makan sudah ada. Lantas apa saja tanda anak sudah memiliki kesiapan makan?

Menurut dr Novitria, ada beberapa tanda. Pertama, kepala tegak saat didudukkan. "Kalau tiduran, dan tangannya dinaikkan, tangan kepala tidak ketinggalan. Artinya sudah cukup memperhatikan kepala, lehernya sudah cukup kuat," paparnya.

Jika sudah ada tanda ini, maka kemampuan untuk menelan sudah cukup baik. Kalau belum, maka anak belum bisa menelan dengan baik. Hal ini berpotensi menyebabkan anak tersedak. Tanda kedua adalah keinginan mencoba makanan.

Saat melihat orang makan di sekitarnya, anak terlihat tertarik bahkan ingin menjangkau. "Ketiga, lidahnya sudah tidak terlalu sering menjulur. Waktu bayi menjulur lidah, itu sebenarnya normal dan akan menghilang pada usia 4 bulan," paparnya. Selain itu, MPASI juga sudah bisa diberikan ketika kenaikan berat bada anak tidak mencukupi.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *