Bukan karena Kejadian Gaib, Sunat Jin Masuk Kelainan Medis, Bahaya Jika Tidak Segera Ditangani

Istilah disunat jin kerap ditemukan di tengah tengah masyarakat kita. Fenomena disunat jin kerap dikaitkan dengan kejadian mistis yakni saat alat vital anak tampak seperti telah disunat. Padahal, situasi ini termasuk kelainan masalah medis yang harus ditangani karena bisa berbahaya.

Hal ini diungkapkan oleh Spesialis bedah urologi dr Budi Himawan, SpU. "Banyak sekali yang menyalah artikan, tentu sangat berbahaya bagi masyarakat kita secara luas," ungkapnya pada media briefing virtual, Selasa (26/9/2023). Sunat jin, kata dr Budi adalah mitos yang berkembang di masyarakat.

NAMA 45 Kolonel Pecah Bintang, Ada Haposan Siahaan, Joni Pardede, Rudi Surbakti dan Imanuel Pasaribu Halaman 4 Bukan karena Kejadian Gaib, Sunat Jin Masuk Kelainan Medis, Bahaya Jika Tidak Segera Ditangani Bibir Sumbing: Kelainan Bawaan Lahir yang Perlu Ditangani Pos kupang.com

Tak Lagi Diakui Sebagai Anak, Pecah Tangis Indah Permatasari Ucapkan Selamat Hari Ibu ke Nursyah Halaman 3 Warga Ukraina Siap %27Angkat Kaki%27 dan Ganti Kewarganegaraan Daripada Berperang Melawan Rusia Tidak ada kaitannya dengan hal gaib, namun malah menunjukkan kelainan medis.

Atau kondisi abnormal yang terjadi akibat tindakan tertentu. Kelainan medis yang dianggap sebagai sunat jin ini ternyata dalam sisi kesehatan ada dalam dua jenis. Pertama parafimosis, yaitu suatu kelainan medis akibat manipulasi prepatium atau kulup yang diretraksi, ditarik ke arah atas.

Melewati sulcus coronarius penis dan tidak bisa dikembalikan ke arah caudal. "Paramfimosis itu emergency, kalau masih awal bisa diretraksi kembali. Karena kesalahpahaman dianggap disunat jin sehingga tidak perlu tindakan. Sehingga membahayakan," tegasnya. Tindakannya yang harus dilakukan adalah segera disunat karena terjerat.

Jika langsung ditangani di awal, maka kondisi bisa dikembalikan. Namun kalau dibiarkan, maka akan terjadi kerusakan penis karena jeratan. "Kalau dibiarkan lama lama menjadi bengkak, semakin sama akan menyebabkan kerusakan pada penis tersebut," tegasnya.

Kedua,hipospadia yaitu suatu kelainan bawaan yang terjadi akibat kegagalan tumbuh penis, ditandai dengan trias hipospadia. Yaitu berupa penis yang bengkok, muara saluran kecil ada di bawah kulup, mengumpul di punggung penis. "Secara penampakan seperti sudah disunat. Tidak membahayakan tapi keluarga harus tahu ini kelainan. Biasanya sering kali diketahui ketika lahir atau ketika sekolah, mau sunat," jelas dr Budi.

Tindakannya dari hipospadia ini adalah pembedahan khusus. "Harus dipahamkan perlu koreksi pada pasien tersebut. Ketika dewasa hidup normal dan bisa melakukan peneterasi dan keturunan pada pasangannya," pungkasnya. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *